Wiranto: Tindak Tegas Setiap Aksi yang Ganggu Keamanan dan Ketertiban

Dimas Jarot Bayu
18 April 2019, 13:26
Pemilu 2019, Wiranto
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Menkopolhukam Wiranto (tengah) bersama Menkumham Yasonna H. Laoly (kiri), Mendagri Tjahjo Kumolo (kedua kanan), dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan) di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menilai proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 berjalan aman. Menurutnya, tidak ada gangguan berarti pada pesta demokrasi yang berlangsung pada 17 April 2019. "Tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu Serentak tahun 2019 telah berjalan aman, tertib, lancar serta damai," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (18/4).

Wiranto mengatakan, kondisi ini tak lepas dari seluruh pemangku kepentingan, mulai dari peserta dan penyelenggara Pemilu 2019, pemerintah, aparat keamanan, hingga masyarakat. Dia berharap kondisi ini dapat terus berlanjut hingga seluruh tahapan dalam Pemilu 2019 dapat selesai.

Advertisement

Atas dasar itu, Wiranto mengimbau masyarakat tetap tenang. Dia juga meminta masyarakat tak melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sembari menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh KPU serta tidak melakukan tindakan anarkis.

(Baca: Kartu 'Sakti' Jokowi Sumbang Kemenangan Versi Hitung Cepat)

Wiranto pun mengimbau semua pihak untuk menghargai ajakan para calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Dia juga berharap para pendukung melaksanakan imbauan Jokowi dan Prabowo yang melarang para pendukung melakukan tindakan provokatif.

Menurutnya, TNI/Polri akan menindak tegas jika ada aksi yang menganggu ketertiban dan keamanan nasional. "Sebagai alat negara, TNI/Polri tetap bersatu-padu menghadapi kemungkinan berbagai ancaman yang dapat mengganggu keamanan nasional serta persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Wiranto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement