Elnusa Gunakan Teknologi Nodal untuk Tingkatkan Kualitas Data Seismik

Image title
23 April 2019, 13:35
Elnusa Kembangkan Teknologi Seismik, Nodal
Elnusa

Perusahaan penyedia jasa eksplorasi minyak dan gas bumi (migas), Elnusa, mulai menggunakan teknologi seismik Ocean Bottom Nodes (Nodal). Teknologi ini diklaim mampu membuat ekplorasi migas lebih efektif dan efisien.

Direktur Operasi Elnusa Arief Riyanto mengatakan teknologi Nodal membuat hasil data seismik menjadi lebih kaya. "Hal ini tentunya baik untuk mendapatkan gambaran struktur bawah bumi yang lebih akurat dan karakter reservoir yang lebih baik.” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (23/4).

Advertisement

(Baca: Elnusa Rampungkan Seismik Laut 3D yang Diklaim Terbesar di Indonesia)

Teknologi Nodal memiliki empat komponen sensor dengan kelebihan yaitu mampu menangkap jenis gelombang seismik lebih banyak. Kelebihan lainnya, teknologi tersebut dapat digunakan secara independen, tidak memerlukan alat perekaman tambahan (autonomous recording), dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan eksplorasi.

Penggunaan teknologi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapabilitas Elnusa dalam jasa akuisisi data sesimik baik di darat, zona transisi maupun laut. “Dengan peningkatan kapabilitas dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu mendukung peningkatan kapasitas nasional," ujar Arief.

(Baca: Elnusa Incar Apexindo, Bersiap Bantu Pertamina Kelola Blok Migas)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement