Tarik Investor, Pemerintah akan Buka Data Migas

Image title
22 April 2019, 14:07
data migas esdm, investasi hulu migas, hulu migas, kegiatan hulu migas, kementerian esdm
Katadata | Arief Kamaludin
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (kanan) bersama wakil menterinya, Arcandra Tahar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Minera; (ESDM) akan menggratiskan raw data minyak dan gas bumi (migas) untuk dapat diakses secara luas oleh investor. Tujuannya, untuk menarik investasi migas ke Indonesia.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, dengan dibukanya akses data ini kemungkinan untuk menemukan cadangan migas baru lebih terbuka, apalagi kalau datanya lebih komprehensif. "Peraturan Menterinya akan kita terbitkan sekitar bulan Mei. Data dasar nanti free," ujar Arcandra di Gedung Kementerian ESDM akhir pekan lalu.

(Baca: EKSKLUSIF: Arcandra Tinjau Temuan Cadangan Minyak Saka di Blok Pangkah)

Ia berencana mengundang Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk mensosialisasikan kebijakan open data yang merupakan bagian dari program besar big data. Kementerian juga akan menerapkan skema anggota dan nonanggota untuk kebijakan open data ini dan akan tetap melindungi data milik KKKS yang berlaku empat tahun, enam tahun, dan delapan tahun.

"Akses data terbatas bagi yang bukan member. Bagi yang menjadi member, pemerintah akan memberikan akses data bukan hanya sebatas raw data seismik, namun termasuk juga untuk data olahan maupun data interpretasi," ujar Arcandra.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...