Pengusaha: Kuliner Lokal Perlu Dukungan untuk Jaga Ketahanan Pangan

Michael Reily
25 April 2019, 15:56
ketahanan pangan, sektor kuliner
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Peserta menyajikan makanan "Pecel Rawon" pada Festival Kuliner di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (23/4/2019).

Pelaku usaha mendorong pengembangan industri kuliner untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Salah satu strategi peningkatan nilai tambah ekonomi kreatif dari sektor kuliner adalah pemasaran makanan tradisional dari setiap daerah ke daerah lainnya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan Permata Adoe mengungkapkan, potensi sektor kuliner sangat besar. "Strategi penting untuk meningkatkan sektor kuliner adalah memperbesar ciri khas lokal menjadi skala nasional," kata Juan di Jakarta, Kamis (25/4).

Ia menjelaskan, model bisnis kuliner yang memasarkan kekayaan lokal sangat berpengaruh terhadap kegiatan pariwisata. Menurutnya, batu loncatan untuk memperluas pasar kuliner daerah adalah kemudahan izin peredaran kuliner dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sudradjat. Ia mengungkapkan, sektor kuliner memang memiliki peran yang tidak kecil dalam perekonomian. Sebab, pengembangan bisnis kuliner memiliki nilai tambah pembukaan lapangan pekerjaan. Apalagi, restoran kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat, khususnya generasi muda.

(Baca: Program Serasi, Solusi Pangan )

Untuk itu, ia menekankan perlunya pelaku usaha menaruh perhatian lebih pada kualitas, seperti kebersihan dan kesehatan, ketersediaan air, serta peralatan dapur yang menggunakan baja tak berkarat. "Kami harap pengembangan produk lokal sangat baik sehingga budaya sejarah Indonesia terangkat," ujar Sudradjat.

Selain itu, promosi melalui media sosial juga menjadi salah satu kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan tepat oleh pelaku usaha kuliner. Dia menyebutkan, pesanan makanan restoran dan hotel lewat aplikasi digital bisa mencapai setengah dari keseluruhan.

Ia pun meminta pemerintah melakukan sosialisasi pembinaan kuliner lokal supaya semakin maju. Tujuannya, supaya produk dalam negeri bisa tahan dari invasi restoran dan hotel luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...