Tahan Bunga Acuan 6%, BI Sebut Kondisi Ekonomi Terjaga

Rizky Alika
25 April 2019, 15:11
Bank Indonesia
Agung Samosir|KATADATA

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 6%. Artinya sudah lima bulan berturut-turut BI memertahankan bunga acuan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan memertahankan bunga acuan sejalan dengan upaya menjaga perekonomian domestik dan memertahankan daya tarik aset keuangan. "Keputusan sejalan dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal ekonomi Indonesia,” kata dia dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur, Kamis (25/4).

BI akan terus menempuh strategi operasi moneter guna meningkatkan ketersediaan likuiditas untuk pembiayaan perbankan. Selain itu, BI akan menerapkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif untuk mendukung pembiayaan ekonomi.

Adapun di tengah kenaikan bertahap bunga acuan hingga total 175 basis poin tahun lalu, kredit perbankan dan pertumbuhan ekonomi masih terjaga. Pada Februari 2019, kredit mampu tumbuh 12,1% secara tahunan, setara dengan pertumbuhan bulan sebelumnya. Sementara, dana pihak ketiga (DPK) juga meningkat jadi 6,6% dari tahun sebelumnya, lebih tinggi dari Januari yang tumbuh 6,4%.

(Baca: Jelang Keputusan Suku Bunga Acuan BI, Kurs Rupiah Melemah)

Tahun ini, BI memperkirakan pertumbuhan kredit bisa berkisar 10-12%, sedangkan DPK tumbuh 8-10%. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi diperkirakan 5-5,4%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...