Jelang Keputusan Suku Bunga Acuan BI, Kurs Rupiah Melemah

Sorta Tobing
25 April 2019, 11:48
pergerakan rupiah, keputusan suku bunga acuan BI, BI rate
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi rupiah.

Nilai tukar rupiah pada Kamis pagi (25/4) dibuka melemah 45 poin atau 0,32% ke posisi Rp 14.150 per dolar AS dibandingkan sehari sebelumnya. Pelemahannya terjadi menjelang keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia sore nanti.

"Kami perkirakan BI masih bisa mempertahankan suku bunganya sebesar 6 persen hingga akhir tahun 2019," ujar ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

Menurut Lana, BI akan mempertahankan suku bunga dengan pertimbangan laju inflasi yang masih aman, nilai tukar rupiah relatif stabil, dan risiko global yang relatif terukur.

(Baca: IHSG Lanjut Terkoreksi Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI)

Banyak spekulasi bank sentral akan menurunkan suku bunganya dalam waktu dekat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, hal ini sulit dilakukan mengingat BI menargetkan menurunkan defisit transaksi berjalan dari 2,98 persen dari PDB pada akhir 2018 menjadi 2,5 persen pada 2019.

"Upaya menurunkan defisit tersebut akan sulit dicapai jika BI menurunkan suku bunganya," kata Lana. Ia memprediksi rupiah hari ini akan bergerak melemah menuju kisaran antara Rp 14.110 per hingga Rp 14.130 per dolar AS.

Kurs tengah Bank Indonesia menunjukkan rupiah melemah menjadi Rp14.154 per dolar AS dibanding sehari sebelumnya di posisi Rp14.112 per dolar AS.

(Baca: BI Diprediksi Akan Mempertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan)

Menurut data Bloomberg, di pasar spot penurunan rupiah terjadi sejalan dengan mata uang Asia lainnya. Sampai pukul 11.30 WIB, rupiah turun 0,33% ke Rp 14.151 per dolar AS.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement