BI Diprediksi Akan Mempertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan

Rizky Alika
24 April 2019, 20:43
BI, suku bunga acuan, bunga acuan BI
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, Kantor Bank Indonesia (BI) di Jl. MH Thamrin, Jakarta

Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan kebijakan bunga acuannya, BI 7-day reverse repo rate, pada Kamis (25/4) besok. Sejumlah ekonom memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga di level 6%. Ada beberapa faktor yang diperkirakan akan membuat bank sentral ini mempertahankan suku bunga acuan.

Panel Ahli Katadata Insight Center Damhuri Nasution menilai BI belum memiliki peluang untuk menurunkan bunga acuannya yang telah ditahan di level 6% sejak November 2018. Pasalnya, penurunan bunga acuan BI sangat bergantung pada perkembangan ekonomi domestik dan global. Adapun, sikap bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed saat ini masih konservatif (dovish).

Bahkan, ada potensi The Fed memangkas bunga acuannya, Fed Fund Rate (FFR) pada tahun ini. “Bunga acuan BI diperkirakan tetap karena inflasi yang terjaga dan kurs rupiah yang relatif stabil,” kata Damhuri di Jakarta, Rabu (24/4).

Sementara, dari dalam negeri, ada perbaikan surplus neraca perdagangan selama dua bulan berturut-turut. Dengan demikian, defisit transaksi berjalan berpotensi menurun. Jika tren ini terus berlanjut dan inflasi tetap terjaga, Damhuri menilai BI memiliki ruang untuk menurunkan bunga acuannya pada triwulan III atau IV.

(Baca: Sehari Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI, IHSG Dibuka di Zona Merah)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...