Amazon Bukukan Laba Bersih US$ 3,6 Miliar pada Kuartal I-2019

Cindy Mutia Annur
29 April 2019, 11:34
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).

Perusahaan e-commerce Amazon bukukan laba bersih sebesar US$ 3,6 miliar di kuartal pertama tahun ini, meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding kuartal sebelumnya yang hanya US$ 1,6 miliar. Ini merupakan kuartal keenam laba Amazon melampaui US$ 1 miliar.

Secara total, Amazon membukukan pendapatan hampir US$ 60 miliar untuk kuartal ini, meningkat 17% dari tahun sebelumnya, di mana angka ini merupakan tingkat pertumbuhan terendah sejak 2015.

Kemudian, Amazon Web Services menjadi pemimpin pasar komputasi awan karena lonjakan penjualannya mencapai US$ 7,7 miliar atau melonjak 41 % dari tahun sebelumnya, meski saat ini tengah bersaing ketat dengan Microsoft (MSFT). Segmen ini sekarang menyumbang sekitar setengah dari pendapatan operasional Amazon.

Perusahaan besutan Jeff Bezos ini juga telah membangun bisnis periklanan yang bernilai multi-miliar dolar untuk bersaing dengan perusahaan lain seperti Facebook dan Google. Sementara itu, kategori pendapatan lain Amazon, terdiri dari layanan iklan yang menghasilkan US$ 2,7 miliar di kuartal tersebut.

(Baca: Amazon Siapkan Layanan Musik Gratis, Saham Spotify Turun)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...