Kominfo Siapkan Rp 140 Miliar untuk Beasiswa Digital Talent 2019

Cindy Mutia Annur
2 Mei 2019, 21:14
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
Katadata/Cindy Mutia Annur
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan anggaran Rp 140 miliar untuk program beasiswa digital talent 2019 atau Digital Talent Scholarship 2019. Beasiswa tersebut akan diberikan untuk 25 ribu orang.

Digital Talent Scholarship diselenggarakan sejak tahun lalu. Ini merupakan program pelatihan gratis mengenai kecerdasan buatan (Artifical Intelligence/AI), big data, komputasi awan (Cloud Computing), keamanan siber (Cyber Security), Internet of Things (IoT), dan mesin pembelajar.

Menteri Kominfo Rudiantara berharap, program ini bisa menjadi solusi atas minimnya sistem pendidikan formal di bidang digital di Indonesia. “Yang dibutuhkan saat ini bukan hanya pengetahuan, tetapi juga keterampilan,” ujar dia di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (2/5).

(Baca: Kominfo Buka Pendaftaran 25 Ribu Beasiswa Digital)

Menurut dia, kemampuan di bidang digital penting guna memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia. Tanpa adanya pengembangan kemampuan di bidang ini, ia khawatir akan ada pemangkasan tenaga kerja dalam jumlah besar di Indonesia.

Selain itu, ia khawatir pekerja Indonesia tergantikan oleh tenaga kerja asing, robot, mesin, hingga aplikasi digital. Maka itu, Kementerian Kominfo mengantisipasi dengan menggelar program ini.

Riset McKinsey Global Institute pada 2017 menyebutkan, seiring berkembangnya industri 4.0, permintaan terkait tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus akan naik sebanyak 113 juta pada 2030. Sedangkan 800 juta pekerjaan di seluruh dunia diperkirakan akan hilang.

Berdasarkan laporan World Economic Forum 2018, Indonesia masih tertinggal dalam hal kesiapan dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Indonesia berada di peringkat 80 dari 137 negara dalam hal kesiapan teknologi. Dari aspek efisiensi pasar kerja,  Indonesia berada di posisi 96.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...