Mendekati Target, Modalku Salurkan Pinjaman Rp 5,84 Triliun

Desy Setyowati
2 Mei 2019, 18:58
Modalku, Fintech Pinjaman, Ekspansi
modalku
CEO sekaligus Co-Founder Modalku Reynold Wijaya dan COO sekaligus Co-Founder Modalku Iwan Kurniawan

Funding Societies, yang merupakan induk Modalku sudah menyalurkan pinjaman senilai Rp 5,84 triliun per hari ini (2/5) di Asia Tenggara. Pinjaman tersebut mendekati peningkatan pada tahun lalu, yang mencapai Rp 3 triliun.

Sebab, perusahaan financial technology (fintech) pinjaman (lending) ini menyalurkan pinjaman Rp 3 triliun sepanjang tahun lalu. Tahun ini, Funding Societies berhasil menyalurkan pinjaman Rp 2,84 triliun dalam kurun waktu empat bulan. Alhasil, pinjaman yang disalurkan oleh Funding Societies mencapai Rp 5,84 triliun saat ini.

Dari jumlah pinjaman tersebut, sekitar Rp 3,55 triliun di antaranya disalurkan ke UMKM di Indonesia. “Pinjaman itu (keseluruhan) disalurkan kepada lebih dari 10 ribu peminjam atau 477 ribu transaksi,” kata Co-Founder sekaligus COO Modalku Iwan Kurniawan di Union Space, Jakarta, Kamis (2/5).

(Baca: Modalku Salurkan Total Pinjaman Rp4 Triliun hingga 2018)

Dari pinjaman tersebut, rasio kredit bermasalah (Non Performing loan/NPL) mencapai  0,99% di tiga negara per 2 Mei 2019. Tingkat pengembalian pinjamannya pun mencapai 98,3%. “NPL tidak jauh dari perbankan,” kata dia.

Modalku merupakan perusahaan fintech pinjaman yang fokus memberikan pinjaman bersifat produktif, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Saat ini, Funding Societies hadir di Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Kendati sudah terdaftar sejak akhir 2016, Modalku belum juga mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Semoga dalam waktu dekat, kami sudah mendapat izin dari OJK,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...