Penjualan Smartphone Samsung dan Apple Turun, Huawei Melonjak

Cindy Mutia Annur
2 Mei 2019, 11:39
Antrean pengambilan smartphone Huawei seri P30 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (20/4).
Instagram/@huaweimobileid
Antrean pengambilan smartphone Huawei seri P30 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (20/4).

Penjualan smartphone global pada kuartal I-2019 mencapai 310,8 juta unit. Angka itu turun 6,6% dibandingkan periode yang sama, tahun lalu. Di antara vendor-vendor besar, Apple dan Samsung mencatatkan penurunan, sementara Huawei melonjak tajam.

Data lembaga International Data Corporation (IDC) menyebut, Samsung merupakan produsen smartphone paling besar di awal tahun ini, dengan capaian 71,9 juta unit. Meski, angka itu terkoreksi 8,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Advertisement

Siap menyusul Samsung, Huawei ada di peringkat kedua dengan penjualan sebanyak 59,1 juta unit. Angka ini tumbuh 50 % dalam setahun. “Semakin jelas bahwa Huawei berfokus ke pertumbuhan mereka dalam perangkat seluler," Direktur Program Perangkat Seluler IDC Ryan Reith, dikutip dari France24, Rabu (1/5).

(Baca: Mampu Jual 59 Juta Unit, Pendapatan Huawei Meroket 39%)

Berikutnya, Apple juga mengalami penurunan pengiriman sebesar 30,2 % dari tahun lalu atau sekitar 36,4 juta unit. Pemangkasan harga produk Apple di Tiongkok rupanya belum cukup untuk menarik bagi konsumen di sana.

Grafik:

Menurut Manajer Riset IDC Anthony Scarsella, harga iPhone terbaru masih lebih mahal ketimbang pesaingnya, meski hanya menawarkan sedikit pembaharuan. "Rencana peluncuran handset 5G pada 2020 juga bisa jadi membuat konsumen menunggu,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement