Fadli Zon Tuding Ada Keanehan di Balik Petugas KPPS yang Meninggal

Dimas Jarot Bayu
3 Mei 2019, 18:11
petugas kpps meninggal, fadli zon, pemilu, pilpres 2019
DPR.go.id
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon meminta adanya penyelidikan terkait banyaknya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam Pilpres 2019.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta dilakukan penyelidikan terkait banyaknya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam Pilpres 2019. Ia mempertanyakan penyebab para petugas KPPS itu meninggal dunia.

Fadli tak yakin mereka meninggal dunia hanya karena kelelahan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. "Itu juga salah satu hal yang sangat aneh kenapa kok banyak petugas yang meninggal di dalam proses ini,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (3/5).

Menurut dia, banyak orang yang bekerja lebih melelahkan dibandingkan para petugas KPPS. Nah, mereka tak lantas meninggal dunia karena pekerjaannya. "Dulu bahkan ada kerja paksa segala macam, tapi itu enggak (meninggal) sebanyak ini," kata politikus Gerindra itu.

(Baca: Tuding Bermasalah, Fadli Zon Minta Situng KPU Dihentikan)

KPU mencatat jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia hingga Kamis (2/5) malam sebanyak 412 orang. Sementara, petugas KPPS yang sakit mencapai 3.658 orang.

Para petugas KPPS yang meninggal dunia dan sakit ini tersebar di 30 provinsi. Provinsi dengan petugas KPPS yang paling banyak meninggal dunia, yakni Jawa Barat sebanyak 100 orang. Posisi tersebut disusul Jawa Tengah dengan petugas KPPS meninggal dunia sebanyak 62 orang. Kemudian, petugas KPPS yang meninggal dunia di Jawa Timur sebanyak 39 orang.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...