Bandara Yogyakarta Beroperasi Ramadan, Dua Maskapai Siap Melayani

Cindy Mutia Annur
4 Mei 2019, 20:39
Bandara Internasional Yogyakarta siap beroperasi saat mudik Lebaran 2019.
Kementerian Perhubungan
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengujungi Bandara Internasional Yogyakarta pada Sabtu (4/5).

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) bakal beroperasi pada Ramadan 2019 ini. Setidaknya dua maspakai siap melayani penerbangan dari dan menuju bandara yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Citilink bakal beroperasi mulai 6 Mei 2019, sedangkan Batik Air atau Lion Air akan beroperasi mulai 10 Mei. Citilink membuka rute Jakarta - Yogyakarta – Jakarta, sedangkan Batik Air Jakarta – Yogyakarta - Bali.

“Jadi dua (maskapai) dahulu. Tapi mungkin dalam beberapa hari ini pasti baik Citilink, Lion Air, maupun Batik Air akan menambah slot penerbangan,” kata dia saat meninjau kesiapan bandara tersebut, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Perhubungan, Sabtu (4/5).

(Baca: Bandara Baru Yogya: Megah, Tahan Gempa dan Tsunami)

Ia berharap operasional Bandara Internasional Yogyakarta dapat mendukung Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang sudah kelebihan kapasitas penumpang, khususnya dalam menyambut Idul Fitri mendatang. Selama ini, menurut dia, sulit mencari slot penerbangan ke Yogyakarta saat momen mudik Idul Fitri.

“Dengan adanya bandara ini slot penerbangan akan banyak dan akan membantu pergerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah bagian selatan,” ujarnya.

Bandara Internasional Yogyakarta akan memiliki luas terminal 210 ribu meter persegi dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta orang per tahun. Saat ini, terminal yang sudah bisa digunakan memiliki luas 12.900 meter persegi. Sedangkan landasan pacunya memiliki panjang 3.250 meter dan lebar 45 meter, dengan 23 tempat parkir seluas 159.140 meter persegi. Landasan pacu sudah siap 100%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...