Perang Dagang AS-Tiongkok Panas Lagi, Rupiah Melemah ke 14.300 per US$

Sorta Tobing
6 Mei 2019, 13:22
perang dagang AS Tiongkok, China, pergerakan rupiah
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS akibat tensi perang dagang AS-Tiongkok.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini, Senin (6/5), dibuka melemah 43 poin atau 0,3% ke posisi Rp 14.309 per dolar AS. Angka ini adalah yang terendah sejak awal Maret lalu.

Di pasar spot pada pukul 13.00 WIB, menurut data Bloomberg, rupiah sudah berada di level Rp 14.330 per dolar AS. Pemicunya adalah ancaman Presiden Donald Trump terhadap pemerintah Tiongkok.

“Ancaman itu sebagai upaya Trump memaksa Tiongkok untuk segera sepakat dengan negosisasi dagang yang sedang berlangsung. Namun, pasar meresponnya negatif,” kata Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih seperti dikutip Antara.

Ia memprediksi rupiah hari ini masih berpotensi menguat menuju kisaran Rp 14.240-Rp 14.260 per dolar AS. Mayoritas mata uang negara kawasan Asia Pasifik sampai pukul 13.00 WIB tadi melemah terhadap dolar AS.

Dolar Singapura turun 0,24%, won Korea Selatan melemah 0,11%, yuan Tiongkok anjlok 0,72%, dan ringgit Malaysia bergerak negatif 0,11%. Hanya mata uang yen Jepang, dolar Australia dan Selandia Baru saja yang masih melaju positif.

(Baca: Ketegangan Dagang AS-Tiongkok Meningkat, IHSG dan Bursa Asia Anjlok)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...