Bertolak ke Kalimantan, Jokowi Tinjau Lokasi Pemindahan Ibu Kota

Dimas Jarot Bayu
7 Mei 2019, 13:16
pemindahan ibu kota, Jokowi cari lokasi ibu kota baru di Kalimantan, Jakarta, biaya, luas lahan
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Ratas itu membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota.

Presiden Joko Widodo bertolak ke sejumlah daerah di Kalimantan, Selasa (7/5). Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau beberapa lokasi yang bakal menjadi tempat pemindahan ibu kota baru.

Jokowi bersama rombongan awalnya berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Pesawat berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

"Setibanya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada pukul 11.55 WITA, Presiden Jokowi langsung menuju ke lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota tersebut," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya.

Jokowi bersama rombongan lalu akan melanjutkan perjalanan menuju Kalimantan Tengah. Rencananya, Kepala Negara akan bermalam di Kota Palangkaraya. Setelah itu, ia akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya untuk meninjau lokasi alternatif lain terkait pemindahan ibu kota.

(Baca: Pimpinan DPR Dukung Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota)

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan tiga alternatif daerah pengganti Jakarta, sebagai ibu kota. Ketiga daerah itu memiliki luas yang beragam. Jokowi sebelumnya mengatakan, luasan tiga daerah itu adalah 80 ribu hektare (ha), 120 ribu ha, dan 300 ribu ha.

Ia menjelaskan, pemindahan ibu kota di antara ketiga daerah tersebut sudah dibahas dengan kementerian/lembaga terkait. Sebab, hal ini berhubungan dengan anggaran yang bakal dialokasikan untuk pemindahan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...