Pertamina Antisipasi Lonjakan Konsumsi LPG pada Ramadan

Image title
8 Mei 2019, 17:21
pasokan lpg ramadhan pertamina
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, Pertamina mengantisipai lonjakan LPG di tiga wilayah selama Ramadhan 2019

PT Pertamina (Persero) mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG selama Ramadan 2019. Ada tiga wilayah yang jadi sasaran Pertamina, yaitu Jawa bagian barat, Jawa Timur dan Sulawesi.

Khusus di Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, Pertamina telah menyiapkan 30.236 pangkalan LPG siaga. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 1165 agen LPG subsidi, dan 183 agen LPG non-subsidi siaga khusus di wilayah Jawa Bagian Barat.

“Kami memprediksi, selama bulan puasa hingga lebaran nanti, konsumsi LPG akan naik. Kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG,” ujar Unit Manager Communication CSR MOR III Dewi Sri Utami dalam siaran pers pada Rabu (8/5).

Dewi menambahkan, Pertamina MOR III juga menyiapkan 388 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Kantong atau skid tank dengan total kapasitas 5775 MT untuk siaga di wilayah Jawa Bagian Barat. Pertamina juga menyiagakan pasokan fakultatif, yakni pasokan tambahan yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

(Baca: Konsumsi BBM Diproyeksikan Naik 15% Selama Ramadan-Idul Fitri)

Kemudian, Tim Satgas Pertamina khusus MOR V yang mencakup wilayah Jawa Timur juga terus melakukan pantauan dan mengordinasikan penyaluran LPG. Pada kondisi normal, rata-rata konsumsi untuk LPG di Jawa Timur yaitu sebesar 97.000 Metric Ton (MT) per bulan untuk LPG 3 kilogram dan untuk LPG Non-Subsidi sebesar 6.350 MT per bulan.

Pertamina memprediksi konsumsi LPG akan mengalami kenaikan 7% - 9% pada Mei dan Juni 2019. Dengan estimasi angka mencapai 105.300 MT untuk LPG Subsidi dan 6.800 MT untuk LPG Non-Subsidi.

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...