Konsumsi BBM Diproyeksikan Naik 15% Selama Ramadan-Idul Fitri

Image title
29 April 2019, 15:34
konsumsi bbm ramadan, pertamina, idul fitri
Pertamina

PT Pertamina (Persero) memperkirakan kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline selama Ramadan hingga Idul Fitri 2019 mencapai 15%. Senior Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Jumali mengatakan, kenaikan konsumsi tersebut tak lepas dari peningkatan jumlah pemudik melalui jalur darat.

"Akan ada kenaikan pemudik 13%. Konsekuensinya Pertamina siapkan kebutuhan yang selaras dengan itu, dengan perkiraan kenaikan konsumsi BBM 15 persen," ujarnya dalam sebuah konfrensi pers di Jakarta, Senin (29/4).

Jumali menjelaskan, Pertamina telah menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi arus mudik lebaran 2019, salah satunya menyesuaikan stok BBM untuk kebijakan contra flow. Penetapan contra flow satu arah rencananya berlaku pada 30 mei-2 juni dan arus balik pada 8-20 juni 2019.

Terminal BBM dari Merak sampai Probolinggo, menurut dia, cukup banyak. Pertamina akan mengevaluasi lagi stok BBM dengan adanya kebijakan contra flow. "Konsekuensinya Pertamina harus sesuaikan pola suplai dengan kondisi ini," ujar Jumali.

(Baca: Jelang Ramadan, Pemerintah Jaga Stok Pangan, BBM, dan Transportasi)

Apalagi konsumsi BBM di jalur tol wilayah Jateng dan DIY pada Ramadhan dan Idulfitri 2019 diperkirakan mengalami lonjakan tertinggi hingga 300 persen dibandingkan tahun lalu. Disusul lonjakan konsumsi BBM di  jalur tol wilayah Jatim sebesar 140 persen dan  DKI Jakarta-Jawa Barat (Jabar) sebesar 100 persen.

Untuk mengantisipasinya, Pertamina juga menyiagakan 43 SPBU di sepanjang jalan tol di Jawa. Rinciannya sebanyak 31 unit di Jakarta dan Jabar, delapan unit di Jateng dan DIY, dan lima unit di Jatim.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...