Tol Cinere-Jagorawi Seksi II Ditargetkan Beroperasi Setelah Lebaran

Image title
8 Mei 2019, 07:05
Ruas tol baru yaitu tol Cinere Jagorawi seksi II beroperasi setelah lebaran
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
Suasana pembangunan tol Cijago di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (13/3). Kementerian PUPR berupaya mempercepat pembangunan tol tersebut meski pembebasasan lahan belum tuntas 100 persen, konstruksi fisik proyek tol jalan Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) seksi II terus dikerjakan dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2017.

Ruas tol Cinere-Jagorawi seksi II yang menghubungkan Jalan Raya Bogor-Kukusan akan dioperasikan setelah Lebaran tahun ini. Ruas tol sepanjang 5,5 kilometer (km) ini merupakan bagian dari proyek Jakarta Outering Ring Road II (JORR 2) yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso menyatakan, pihaknya dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan pra uji layak fungsi. Ini merupakan tahapan yang dilakukan sebelum dipastikan layak fungsi.

"Akan segera diresmikan setelah Lebaran, Juni atau Juli,“ kata dia, di Jakarta, Selasa (7/5). Sedangkan, untuk tarif tol masih dalam kajian. Penyebabnya, proyek ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sehingga tarif tol tidak hanya ditentukan oleh pemerintah tetapi juga swasta.

(Baca: Tol Cisumdawu Bisa Mulai Dijajal Saat Mudik Lebaran 2019)

Secara keseluruhan, proyek JORR 2 sepanjang 111 km ditargetkan selesai pada akhir 2019. Namun, Joko menjelaskan adanya kendala pembebasan lahan, seperti yang terjadi pada ruas tol Kunciran-Serpong. Ini disebabkan tidak tercapainya kesepakatan harga antara masyarakat pemilik lahan dengan pengembang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...