Google: Mayoritas Konsumen Membeli Smartphone di Toko Fisik

Desy Setyowati
9 Mei 2019, 16:24
Google, pertimbangan membeli smartphone
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi smartphone. Google mencatat, mayoritas konsumen membeli ponsel pintar (smartphone) di toko fisik.

Di era digital, konsumen mencari informasi terkait produk yang ingin dibeli secara online. Namun, Google mencatat, mayoritas konsumen membeli ponsel pintar (smartphone) di toko fisik.

Berdasarkan kajian Google dan Canalys, konsumen butuh waktu hingga 14 hari untuk membeli smartphone. Konsumen biasanya mencari informasi terkait smartphone yang ingin dibeli di situs perbandingan. Sebab, sekitar 55% pembeli merasa kewalahan dengan banyaknya pilihan smartphone di pasaran.

Advertisement

Meski mencari informasi dilakukan secara online, kebanyakan konsumen membeli smartphone di toko fisik. "Konsumen sudah paham mengenai produk yang mereka mau beli ketika berkunjung ke toko pengecer," ujar Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho dalam siaran pers kemarin, Rabu (8/5).

Untuk itu, menurutnya Produsen Peralatan Asli (OEM) perlu meningkatkan pengalaman pengguna di situsnya guna memudahkan pembeli mencari informasi seputar produk. Caranya, bisa dengan menambahkan fitur perbandingan produk, ulasan para ahli dan konsumen.

(Baca: Penjualan Smartphone Samsung dan Apple Turun, Huawei Melonjak)

Selain itu, survei menunjukkan bahwa pembeli smartphone di Indonesia perlu diyakinkan melalui video yang lebih kreatif. OEM perlu mengakomodasi keinginan para pembeli dengan menyediakan konten video terkait perbandingan kualitas, harga, dan informasi smartphone lainnya yang dibutuhkan konsumen.

Hal ini penting karena ulasan terkait smartphone naik 40% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2018. Kehadiran konten video yang kreatif bisa memudahkan konsumen dalam memilih smartphone.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement