Grab: Pendapatan Mitra Pengemudi Naik hingga 30% Setelah Tarif Naik

Desy Setyowati
10 Mei 2019, 06:00
Grab, Pendapatan Mitra Pengemudi, Tarif Ojek Online, Kemenhub, Gojek
Grab
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, pendapatan mitra pengemudinya bertambah 20-30% setelah tarif ojek online naik.

Penyedia layanan on-demand, Grab, menyampaikan pendapatan mitra pengemudinya bertambah 20 hingga 30% setelah tarif ojek online naik. Berdasarkan survei internal Grab, permintaan layanan ojek online tetap stabil meski tarifnya naik. 

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengakui, ada beberapa keluhan dari konsumen terkait kenaikan tarif ojek online. Namun, keluhan itu masih pada taraf yang wajar.

Data-data tersebut ia sampaikan dalam pertemuan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kemarin. “Kami berharap seluruh pemangku kepentingan dan perusahaan transportasi online dapat tetap menghormati dan melaksanakan tarif baru ini,” kata dia dalam keterangan resminya hari ini, Kamis (9/5).

Untuk menjaga stabilitas permintaan layanan ojek online, Grab menggelar beberapa promosi. Ia memastikan, program tersebut tidak mengurangi pendapatan mitra pengemudi. Sebab, para pengemudi tetap mendapatkan tarif penuh yang langsung dibayarkan kepada mereka.

Promo tersebut dirasakan oleh konsumen. “Para penumpang akan terbantu untuk menyesuaikan dengan tarif yang baru,” ujar Ridzki. Secara keseluruhan, dia akan terus memantau dampak kenaikan tarif ojek online ini terhadap permintaan layanan.

(Baca: Beda dengan Gojek, Grab Maklumi Keluhan Penumpang Soal Tarif)

Tanggapan ini berbeda dengan Gojek, yang mencatat permintaan layanan ojek online turun selama tiga hari sejak kenaikan tarif. “Kami melihat adanya penurunan permintaan layanan Go-Ride yang cukup signifikan, sehingga berdampak pada penghasilan mitra pengemudi kami,” ujar Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita.

Gojek memantau permintaan layanan Go-Ride di lima kota yang melakukan uji coba kenaikan tarif sejak 1 Mei lalu. Kelima itu adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...