Ketua DPR Sebut Mantan Mendag dan Ketua Hipmi Sebagai Calon Menteri

Dimas Jarot Bayu
13 Mei 2019, 20:26
Ketua DPR, DPR, Bambang Soesatyo
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi dengan calon Ketua DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo disela pengumuman calon ketua DPR dari Fraksi Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/1). Airlangga Hartarto mengumumkan penunjukan Bambang Soesatyo menjadi Ketua DPR hingga 2019 menggantikan Setya Novanto yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi KTP elektronik.

Suasana santai tampak terasa pada acara buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Senin (13/5). Dalam sambutannya, Bambang bahkan sempat berkelakar soal calon menteri pada beberapa tamu undangannya.

Awalnya, Awalnya, Bambang menyapa para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut, seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kemudian, dia menyapa Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Selain itu, tak lupa juga ia menyapa para menteri yang turut hadir, seperti Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Di tengah-tengah sambutannya, Bambang menyebut adanya dua calon menteri yang hadir dalam acara tersebut. Dua orang yang ia maksud adalah Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia dan mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

"Para calon menteri yang hadir malam hari ini. Saya lihat tadi ada sahabat saya Muhammad Lutfi, ada Pak Bahlil," kata Bambang.

Bambang menyebut kedua orang tersebut merupakan orang hebat, yang merintis usaha dari bawah. Bahkan, ia menyebut antara dirinya dan Bahli serta Lutfi sering bertukar cek kala memulai bisnis.

Setelahnya, Bambang lanjut menyapa pimpinan lembaga lainnya yang hadir, seperti Ketua MA Hatta Ali, Jaksa Agung M. Prasetyo, Wakapolri Komjen Aridono Sukamto, Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. Hadir pula dalam acara tersebut duta besar Arab Saudi untuk Indonesia yang ikut disapa Bambang.

(Baca: Istana Isyaratkan Jokowi Kemungkinan Reshuffle Kabinet Usai Lebaran)

Dalam sambutannya, ia bersyukur dirinya dan para elite politik masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat. Apalagi, Indonesia baru saja menyelesaikan Pemilu 2019 yang cukup rumit, berkat kepemimpinan Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...