Mulai Bulan Ini, Pertamina Hentikan Impor Solar dan Avtur

Image title
15 Mei 2019, 18:45
impor avtur dan solar pertamina
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Pertamina mulai setop impor avtur dan solar pada Mei 2019

PT Pertamina (Persero) menyatakan siap untuk menjalankan instruksi pemerintah untuk menghentikan impor solar dan avtur. Pertamina bahkan sudah menghentikan impor avtur dan solar mulai Mei 2019.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan Pertamina biasanya mengimpor pertamax, premium, solar, dan avtur. Namun mulai April 2019, Pertamina telah menghentikan impor avtur.

Rata-rata setiap tahun impor avtur Pertamina mencapai 8-10 juta kiloliter (KL). "Dengan kami optimalkan kilang, termasuk di Plaju dan Cilacap, kami sekarang sudah mandiri avtur mulai April,"kata Nicke ketika ditemui di Gedung DPR/MPR RI pada Selasa (15/5).

Khusus solar, Nicke bilang Pertamina akan mulai setop impor pada Mei 2019. Tiap tahunnya, Pertamina mengimpor solar mencapai sekitar 12-15 juta KL.

"Untuk pengadaan impor avtur dan solar, sejak bulan ini ke depan tidak ada lagi. Ini juga penghematan setelah penurunan impor crude sejak Januari dan produk mulai April, dimulai dengan avtur dan solar,"ujar Nicke.

Lebih lanjut Nicke bilang Pertamina bisa menghentikan impor solar karena program B20 yang diberlakukan secara nasional di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina. Sementara untuk Avtur karena produksi avtur yang lebih tinggi di kilang-kilang Pertamina.

"Sejumlah kilang Pertamina terbukti mampu menghasilkan produksi avtur yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Beberapa kilang utama penghasil avtur adalah Refinery Unit IV Cilacap, Refinery Unit V Balikpapan, Refinery Unit II Dumai, dan Refinery Unit VI Balongan,"ujar Fajriyah kepada Katadata pada Selasa (15/5).

(Baca: Pertamina Sebut Konsumsi Avtur Tahun 2019 Turun)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...