Angkasa Pura II Bangun Halal Park di Bandara Soekarno - Hatta

Image title
17 Mei 2019, 10:41
AP II bangun halal park di Soetta, halal park di Bandara Soekarno Hatta
Donang Wahyu|KATADATA
PT Angkasa Pura II (Persero) akan membangun halal park di kawasan Bandara Soekarno Hatta pada tahun ini

PT Angkasa Pura II (Persero) akan membangun halal park di kawasan Bandara Soekarno Hatta pada tahun ini. Tujuannya, agar bandara tidak hanya dijadikan akses pulang pergi dengan menggunakan pesawat, tetapi juga menjadi titik pertemuan.

Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan halal park akan segera diresmikan sebelum memasuki hari libur Lebaran 2019. Menurut dia, pembangunan ini merupakan permintaan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Presiden Joko Widodo.

Advertisement

"Agar bandara jadi meeting point, salah satunya dengan kawasan halal park di bandara," ujarnya, pada saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/5) malam.

Halal park merupakan bentuk bisnis baru AP II yang dilakukan dengan cara nonorganik yakni dalam bentuk pelayanan. Ia menjelaskan tak hanya bentuk pelayanan, pihaknya juga akan mengembangkan bisnis baru dalam bentuk jasa.

(Baca: Mulai 1 Mei 2019, Maskapai Berbiaya Murah Pindah ke Terminal 2F Soetta)

Perseroan menargetkan dari pengembangan bisnis nonorganik itu bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp 500 miliar pada tahun ini. Sedangkan total target pendapatan perseroan mencapai Rp 11,4 triliun. Adapun belanja modal atau capital expenditure (capex) AP II di 2019 sebesar Rp 14 triliun.

Awaluddin mengatakan, kondisi keuangan kuartal pertama 2019 memiliki kinerja baik dan masih tetap bertumbuh. Namun, ia mengakui tantangannya cukup besar karena isu tarif batas atas (TBA) yang membuat tiket pesawat menjadi mahal, dan akhirnya menurunkan persentase jumlah penumpang.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement