Pendapatan Traveloka dari Jual Tiket Pesawat ke Luar Negeri Naik 70%

Desy Setyowati
17 Mei 2019, 13:50
Traveloka, Penjualan Tiket Pesawat ke Luar Negeri,
Katadata
Ilustrasi. Traveloka dapat keuntungan terbesar dari penjualan tiket ke luar negeri.

Perusahaan teknologi di bidang perjalanan dan gaya hidup, Traveloka mencatat, pendapatannya dari hasil penjualan tiket pesawat ke luar negeri naik 70% secara tahunan (year on year/yoy) pada Kuartal I-2019. Traveloka mencatat, pembelian tiket perjalanan ke luar negeri lebih banyak dibanding di dalam negeri.

Kenaikan pendapatan 70% itu pun dihitung dari penjualan tiket perjalanan ke Jepang, Korea Selatan, Inggris, Belanda, dan Perancis. Pencapaian itu belum menghitung penjualan tiket perjalanan dari Asia Tenggara ke Indonesia maupun lintas kota di Tanah Air.

Secara keseluruhan, CEO Transport Traveloka  Caesar Indra mencatat, penjualan tiket pesawat naik hampir 30% dibanding Kuartal I-2018. “Meskipun industri lesu akibat harga tiket (pesawat) yang melonjak hampir dua kali lipat, aplikasi Traveloka masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia,” ujar dia dalam siaran pes, Jumat (17/5).

(Baca: Traveloka: Lonjakan Penjualan Tiket Pesawat Tak Setinggi Mudik 2018)

Selain menawarkan tiket pesawat, unit bisnis Transport Traveloka ini juga menyediakan layanan transportasi end-to-end. Disebut end-to-end, karena layanan yang tersedia meliputi tiket Kereta Api, Bus dan Travel, Antar Jemput Bandara, dan Rental Mobil.

Caesar mencatat, kontribusi layanan transportasi end-to-end tersebut cukup besar. Hanya, dia tidak menyebutkan besarannya. “Moda transportasi darat merupakan salah satu yang mulai digemari oleh para wisatawan,” kata dia.

Menurutnya, meningkatnya minat wisatawan menggunakan transportasi darat tidak terlepas dari gencarnya pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Selain itu, menurutnya kualitas transportasi darat di Indonesia membaik. Karena itu, ia menargetkan penjualan tiket transportasi darat di Traveloka naik lebih dari 12 kali lipat dibanding tahun lalu. 

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...