Penerbangan Luar Jawa di Bandara Husein Dialihkan ke Bandara Kertajati

Image title
17 Mei 2019, 11:03
rute penerbangan Bandara Husein Sastranegara pindah ke Kertajati, Angkasa Pura II
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Angkasa Pura II mengatakan, penerbangan luar Pulau Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan dipindahkan ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, mulai 15 Juni 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan luar Pulau Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati, Majalengka, mulai 15 Juni 2019. Keputusan ini, menurut Awaludin, sesuai dengan hasil rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Awaluddin menjelaskan, jika jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) rampung, maka seluruh penerbangan Bandara Husein akan dipindahkan ke Bandara Kertajati. Namun, Bandara Husein Sastranegara tetap akan beroperasi untuk melayani pesawat non-jet.

Ada sekitar 12 destinasi luar Pulau Jawa yang akan dipindahkan ke Bandara Kertajati. "Tahapan pertama dipindahkan sebagian traffic Bandara Husein, seperti Medan, Makasar, Palembang," ujarnya, di Jakarta, Kamis (16/5) malam.

Selain itu, AP II sebagai pengembang bandara telah menambah runway sepanjang 500 meter, dengan berbagai perlengkapan bandara. Pihaknya memastikan akan memegang 50% kepemilikan saham Bandara Kertajati setelah Lebaran 2019.

(Baca: Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umrah mulai September 2019)

Sebelumnya, PT BIJB, memproyeksikan Bandara Kertajati mulai melayani penerbangan umrah pada September 2019. Saat ini perusahaan masih dalam proses sertikasi landasan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...