Direstui Pemegang Saham, BTN Akuisisi 85% Saham PNM Secara Bertahap

Image title
18 Mei 2019, 08:00
BTN Akuisisi Saham PNM, PNM-IM
PT Bank Tabungan Negara Tbk berencana akuisisi saham di PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM-IM) hingga 85%.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) segera merealisasikan rencana akuisisi saham di PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM-IM) hingga 85%. Rencana itu semakin dekat, setelah perusahaan mengantongi persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar kemarin, Jumat (15/5).

Masuknya BTN sebagai pemegang saham mayoritas  anak usaha PNM bakal dilakukan secara bertahap hingga tahun depan. Untuk tahap awal, perusahaan akan masuk ke dalam PNM-IM dengan membeli 30% saham senilai Rp 114,9 miliar. Proses akuisisi saham tersebut hingga saat ini masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

(Baca: Setelah PNM-IM, BTN Incar Sejumlah Aksi Akuisisi)

BTN dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (induk PNM-IM) melakukan perjanjian jual-beli bersyarat  alias Conditional Shares Purchase Agreement (CSPA) pada bulan lalu. "Karena ini sinergi BUMN,  kami dapat kepercayaan untuk mengambil alih saham ini menjadi mayoritas yang akan dilakuan secara bertahap," kata Direktur Utama BTN Maryono.

Direktur BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, setelah mereka mendapatkan izin dari OJK pada proses akusisi tahap pertama, perusahaan bakal menambah porsi saham lagi sebesar 30% pada semester II 2019. Sehingga akhir tahun ini, BTN bakal memiliki 60% kepemilikan PNM-IM.

"Kami akan lakukan (penambahan saham)  kurang lebih sebelum akhir tahun, dan itu butuh valuasi dulu berdasarkan laporan keuangan PNMIM periode Maret atau Mei yang sedang di-review," kata Nixon.

(Baca: BTN Bakal Akuisisi 30% Saham PNM Investment Management Rp 114,9 Miliar)

Untuk menggenapi target kepemilikan saham perseroan hingga 85%, sebanyak 25% saham sisanya, bakal dieksekusi tahun depan dengan mekanisme pembelian yang masih dibicarakan. "Apakah lewat pembelian langsung dari PNM, atau nanti PNM-IM melakukan rights issue," kata Nixon.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...