BTN Bakal Akuisisi 30% Saham PNM Investment Management Rp 114,9 Miliar

Image title
22 April 2019, 08:59
BTN Akuisisi PNM-IM. BUMN, Rini Soemarno, Tapera, manajemen investasi
BTN akan mengakuisisi 30% Saham PNM-IM senilai Rp 114,9 miliar.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bakal mengakuisisi anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, yaitu PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM-IM). Jumlah saham yang diakuisisi 30% dengan nilai di kisaran Rp 114,9 miliar.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, skema akuisisinya dengan pembelian saham existing milik PNM pada PNM-IM sebesar 30%. "Sehingga, nantinya PNM-IM dimiliki bersama oleh PNM sebesar 70% dan BTN 30%," kata Arief kepada Katadata.co.id, Minggu (21/4).

Perusahaan berharap akusisi ini dapat meningkatkan peran PNM-IM dalam berkontribusi untuk perekonomian nasional karena akan mengintegrasikan potensi-potensi dan resources dari dua entitas pemilik. Kedua pemilik ini, berasal dari sektor yang berbeda, yaitu Lembaga Keuangan Bank (LKB) dan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB).

(Baca: Kejar Target Pembiayaan Rp 25 Triliun, BTN Syariah Luncurkan KPR Hits)

Arief mengatakan, dasar aksi korporasi dari masing-masing perusahaan ini adalah dalam kerangka sinergi antara perusahaan pelat merah. "Nilai (akuisisi) bukan yang utama. Yang utama, sinergi bisnisnya nanti," katanya menambahkan.

Dihubungi secara terpisah, Direktur BTN Mahelan Prabantarikso mengatakan, pembelian PNM-IM merupakan upaya pengelolaan BTN pada dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang saat ini lembaganya sudah dibentuk pemerintah yaitu Badan Pengelolaan Tapera (BP Tapera). "Pembelian PNM-IM adalah dalam upaya pengelolaan dana Tapera," kata Mahelan, Minggu (21/4).

Akuisisi PNM-IM ini rencananya bakal dilaksanakan dengan ditandai penandatanganan pembelian saham antara BTN dengan PNM yang rencananya dilaksanakan hari ini, Senin (22/4) pukul 09.00 WIB di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

(Baca: Kejar Pertumbuhan DPK 15% Tahun Ini, BTN Luncurkan Program Poin Serbu)

Sebenarnya, BTN pernah menargetkan memiliki perusahaan manajemen investasi (MI) pada November tahun lalu. Arief pernah mengatakan, berlarut-larutnya proses akuisisi ini, bukan karena tidak bertemunya kesepakatan harga akusisi. Namun, kedua belah pihak terus meramu sinergi bisnis yang bisa memperbesar PNM-IM di masa mendatang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...