Tak Mau Kalah dengan Cak Imin, Golkar Juga Incar Kursi Ketua MPR

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2019, 20:40
Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menginginkan posisi Ketua MPR dijabat oleh kadernya.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menginginkan posisi Ketua MPR dijabat oleh kadernya.

Perbedaan keinginan mulai terjadi di kubu Koalisi Indonesia Kerja usai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengutarakan niatnya untuk jadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2019-2024, kali ini Partai Golkar menginginkan posisi serupa.

Keinginan ini disampaikan langsung Ketua Umum Golkar Airlanggar Hartarto di depan Joko Widodo (Jokowi). Airlangga mengatakan sesuai Undang-Undang (UU) MPR, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) maka kursi pimpinan DPR akan diserahkan kepada PDI Perjuangan selaku pemenang Pemilihan Umum 2019.

Namun, dalam pemilihan pimpinan MPR akan dilakukan secara paket, sehingga wajar apabila Golkar menginginkan kadernya duduk di kursi Ketua MPR. "Ini seizin pak Muhaimin Iskandar apabila dalam pemilihan dipilih sistem paket, wajar mengusung paket dengan ketua dari Golkar," kata Airlangga dalam sambutan acara  buka puasa bersama Partai Golkar dengan Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5).

(Baca: Muhaimin Sebut Puan Maharani Cocok Jadi Ketua DPR Periode Selanjutnya)

Airlangga juga sempat mengatakan Golkar untuk pertama kalinya usai reformasi memenangkan calon presiden yang diusungnya sejak awal. Ini tidak lepas dari kerja pendukung mulai kader tingkat pusat, daerah, kecamatan, hingga desa. Bahkan senior semodel Jusuf Kalla, Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie, serta Agung Laksono ikut memenangkan Jokowi.

"Beliau-beliau berkeliling 34 provinsi untuk memenangkan pak Jokowi dan Partai Golkar," kata pria yang juga menjabat Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja ini.

Muhaimin hari Sabtu (18/5) kemarin sempat mengatakan kursi Ketua DPR akan diduduki oleh Puan Maharani. Sedangkan dirinya menginginkan duduk di jabatan Ketua DPR. Saat ini Cak Imin juga menjadi salah seorang pimpinan MPR, tepatnya Wakil Ketua MPR, sedangkan Puan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...