Tanpa Hitung Suara via Pos, Anak Bos Lion Air Unggul di Kuala Lumpur

Dimas Jarot Bayu
20 Mei 2019, 19:00
anak bos Lion Air menang di Kuala Lumpur
TWITTER/DAVIN KIRANA
Calon anggota legislatif dari Partai Nasdem Davin Kirana berfoto bersama para tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di kilang NXP, Malaysia.

Calon anggota legislatif nomor urut 2 dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Davin Kirana memperoleh suara paling tinggi di Kuala Lumpur, Malaysia. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), anak bos Lion Air Rusdi Kirana, mendapatkan 17.394 suara.

Perolehan suara Davin di Kuala Lumpur timpang dengan caleg-caleg lainnya, baik dari dalam maupun luar Nasdem. Tidak ada caleg yang mendapatkan belasan ribu suara selain Davin di wilayah tersebut. Padahal, perolehan suara Davin dari pemungutan suara via pos tak diperhitungkan.

Setelah Davin, perolehan suara terbanyak selanjutnya diperoleh caleg nomor urut 4 dari Gerindra, Yora Novita E Haloho. Yora meraih 3.330 suara di Kuala Lumpur. Posisi setelahnya ditempati oleh caleg nomor urut 1 dari PKS, Hidayat Nur Wahid dengan perolehan 2.431 suara.

(Baca: Bawaslu Batalkan 62 Ribu Surat Suara PPLN Kuala Lumpur)

Kemudian, caleg nomor urut 1 dari Gerindra, Himmatul Aliyah memperoleh 2.247 suara di Kuala Lumpur. Caleg nomor urut 1 dari PDIP, Eriko Sotarduga memperoleh 1.783 suara di wilayah tersebut.

Meski Davin memperoleh suara tertinggi, saksi dari Partai Nasdem keberatan dengan hasil rekapitulasi tersebut. Ini lantaran KPU dan Bawaslu tidak menghitung sebanyak 62 ribu surat suara hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) via pos di Kuala Lumpur.

Sebanyak 62 ribu surat suara itu tidak dihitung karena dianggap telah melebihi batas waktu pengiriman yang ditetapkan oleh KPU pada Rabu (15/5). Karena hal tersebut, suara yang diperoleh Davin pun berkurang. Sebelumnya, Davin mendapatkan 31.238 suara di Kuala Lumpur.

(Baca: Rekapitulasi Suara KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul di Kuala Lumpur)

 "Ini bukan angka yang kecil. Ini penghapusan suara yang sudah kami hitung, sudah ditandatangani saksi berbagai parpol,” kata saksi Nasdem.

Davin merupakan putra dari pemilik Lion Group yang juga Duta Besar RI untuk Malaysia yakni Rusdi Kirana. Davin tercatat calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat RI nomor urut 01 untuk Daerah Pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Pusat, dan Luar Negeri.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Surat Suara Tercoblos untuk Anak Bos Lion Air, Nasdem Cek ke Lokasi" , https://katadata.co.id/berita/2019/04/11/surat-suara-tercoblos-untuk-anak-bos-lion-air-nasdem-cek-ke-lokasi
Penulis: Ameidyo Daud
Editor: Yuliawati

Davin merupakan putra dari pemilik Lion Group yang juga Duta Besar RI untuk Malaysia yakni Rusdi Kirana. Nama Davin sempat terseret dalam kasus temuan surat suara tercoblos. Davin tercatat calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat RI nomor urut 01 untuk Daerah Pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Pusat, dan Luar Negeri.

Ada pun, Nasdem memperoleh suara terbanyak di Kuala Lumpur, yakni sebanyak 22.558 suara. Posisi kedua ditempati oleh PDIP dengan suara sebesar 12.355. Gerindra menempati posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 11.341.

PKS memperoleh 6.624 suara, diikuti oleh PKB sebesar 5489 suara, Demokrat sebesar 3.565 suara, Golkar sebesar 2.655 suara, PSI sebesar 2.447 suara, PAN sebesar 2.033 suara. PPP memperoleh 1.622 suara, Perindo memperoleh 1.473 suara, Berkarya memperoleh 498 suara, Hanura memperoleh 325 suara, PBB memperoleh 298 suara, Garuda memperoleh 271 suara, dan PKPI memperoleh 171 suara.

(Baca: Ombudsman: DPR dan Pemerintah Maladministrasi dalam Pemilu 2019)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...