Akseleran Salurkan Pinjaman Rp 440 Miliar kepada 845 Peminjam

Desy Setyowati
21 Mei 2019, 14:00
Akseleran, Fintech Lending.
akseleran
Chief Credit Officer sekaligus Co-Founder Akseleran Christopher Gultom.

Perusahaan teknologi finansial (fintech) di bidang pinjaman (lending) Akseleran telah menyalurkan pinjaman Rp 440 miliar sejak Oktober 2017 hingga April 2019. Pinjaman tersebut diberikan kepada 845 peminjam.

Total pinjaman tersebut mencapai 44% dari target Rp 1 triliun tahun ini. Chief Credit Officer sekaligus Co-Founder Akseleran Christopher Gultom optimistis, target tersebut bisa dicapai. “Dengan peningkatan literasi keuangan terkait fintech lending, kami bisa mencapai target,” kata Christopher dalam siaran pers, Selasa (21/5).

Target tersebut turun dibanding rencana awal Rp 1,2 triliun, yang disampaikan Akseleran pada awal tahun ini. Untuk mencapai target Rp 1 triliun, Akseleran fokus bekerja sama dengan perusahaan. Salah satunya, Akseleran menggandeng Tokopedia pada Desember 2018 lalu.

(Baca: Akseleran Targetkan Penyaluran Kredit Rp 1,2 Triliun Tahun Ini)

Christo mencatat, permintaan pinjaman dari penjual di Tokopedia tumbuh positif. Hanya, dia enggan menyebutkan besaran kenaikannya.  “Akseleran sudah menyalurkan miliaran Rupiah dana pinjaman kepada puluhan mitra Tokopedia,” kata dia.

Akseleran menawarkan pinjaman Rp 10 juta hingga Rp 200 juta kepada penjual di Tokopedia. Menurutnya, kerja sama seperti ini bisa meningkatkan akses pendanaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Apalagi, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat dari 57,8% menjadi 60,3% dalam lima tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...