Gojek Tanggapi Kabar Bakal Ekspansi ke Malaysia

Cindy Mutia Annur
22 Mei 2019, 16:49
Gojek Ekspansi ke Malaysia, Gojek
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gojek dikabarkan bakal ekspansi ke Malaysia.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke menyampaikan, decacorn asal Indonesia yakni Gojek tertarik masuk ke negaranya. Menanggapi hal itu, Gojek mengatakan bahwa perusahaannya selalu mengkaji peluang pasar di negara lain.

Juru Bicara Gojek menyampaikan, perusahaannya fokus untuk terus menjadi yang terdepan di industri di negara cakupan. “Kami selalu mengekplorasi bagaimana kami dapat memperluas kehadiran di pasar internasional sehingga akan lebih banyak orang yang dapat merasakan dampak positif dari teknologi yang kami miliki,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (22/5).

Saat ini, Gojek hadir di Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Secara spesifik, Gojek tidak mengiyakan atau membantah kabar bahwa perusahaan bakal masuk ke Malaysia. “Kami  tidak memberikan komentar terkait spekulasi,” kata dia.

(Baca: Gojek Tumbuh Pesat, Nadiem Akui Kewalahan Pimpin 4 Ribu Pegawai)

Gojek juga tengah berupaya melobi pemerintah Filipina, supaya bisa beroperasi di negara tersebut. Gojek ditolak kehadirannya oleh Badan Pengatur Perhubungan Darat Filipina (Land Transportation Franchising and Regulatory Board/ LTFRB), karena tidak memenuhi persyaratan kepemilikan modal asing untuk beroperasi di negaranya.

Sebab, pemerintah Filipina membatasi kepemilikan saham asing maksimal 40% untuk bisnis tertentu, termasuk transportasi. Selain itu, pemerintah Filipina melarang adanya tarif dinamis atau berubah-ubah sesuai permintaan.

Gojek menyayangkan penolakan LTFRB terhadap mosi pertimbangan kembali yang diajukan. “Standar layanan Transport Network Vehicle Services (TNVS) hanya dapat ditingkatkan jika ada persaingan antara para pemain Transport Network Companies (TNC),” ujar Juru Bicara Gojek.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...