Kondisi Politik Memanas, Rupiah Tembus Lagi ke Rp 14.500 per Dolar AS

Agatha Olivia Victoria
22 Mei 2019, 11:17
pergerakan rupiah, nilai tukar rupiah, Pilpres 2019, perang dagang
Arief Kamaludin|KATADATA
Rupiah pada perdagangan hari ini, Rabu (22/5), kembali tembus Rp 14.500 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar spot hari ini, Rabu (22/5), dibuka melemah ke level Rp 14.488 per dolar AS. Pelemahannya terbilang kecil dibandingkan penutupan sehari sebelumnya yang ditutup di Rp 14.480 per dolar AS.

Namun, menurut data Bloomberg hingga pukul 10.15 WIB, rupiah terus turun ke level 14.512. Tren pelemahan ini sudah terjadi sejak awal Mei 2019. Situasi politik domestik dan perekonomian global yang memburuk menjadi pemicunya.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, dalam seminggu terakhir investor asing cenderung keluar dari pasar sehingga membuat pasokan dolar AS turun. “Di dalam negeri, permintaan dolar AS juga meningkat untuk membayar utang luar negeri dan pembagian dividen,” katanya ketika dihubungi Katadata.co.id.

Rupiah juga semakin tertekan setelah kemarin Komisi Pemilihan Umum menetapkan pemenang Pilpres 2019, yaitu pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Keputusan ini lalu digugat oleh kubu lawan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

(Baca: Rupiah Cenderung Melemah Pasca Pengumuman Pilpres 2019)

Investor asing masih menunggu seminggu ke depan bagaimana perkembangan politik dalam negeri. “Kalau dibandingkan (Pilpres) 2014, kondisinya tidak memanas seperti sekarang,” ujar Josua. Apalagi, semalam sempat terjadi bentrok antara aparat keamanan dan massa.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...