Berkat Optimalisasi Pembangkit, PLN Berhasil Tekan Konsumsi LNG

Image title
23 Mei 2019, 14:50
PLN, LNG, konsumsi LNG, SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menekan angka penggunaan gas alam cair (Liqufied Natural Gas/ LNG). Hingga April 2019, realisasi konsumsi LNG untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) tercatat hanya tujuh kargo.

Realisasi konsumsi LNG oleh PLN April 2019 ini lebih rendah dibanding proyeksi penyeluran gas untuk domestik yang diprediksi oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), yaitu sebanyak 17 kargo.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin menjelaskan pengurangan konsumsi tersebut disebabkan optimalisasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sehingga lebih efisien. Ia menjelaskan, meski sudah dilakukan pembayaran suplai LNG, sisa pemakian kargo LNG bisa digunakan kemudian hari.

"PLTU kemarin sehat. Ini efeknya penggunaan gasnya jadi tertekan. Ada juga karena PLTU yang masuk baru," ujarnya, saat ditemui di Depok, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Sebelumnya, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief Setiawan Handoko mengatakan, ada penurunan permintaan LNG. Penurunan permintaan ini menurut Arief kemungkinan disebabkan karena PLN mengambil batu bara atau gas pipa.

Rencananya, sebanyak 11 kargo LNG yang tidak terserap PLN akan dijual secara langsung. Salah satu calon pembelinya adalah Pertamina.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...