Kelebihan Pasokan PLN Belum Bisa Topang Kebutuhan Mobil Listrik

Image title
4 April 2019, 16:13
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Rinaldy Dalimi menilai listrik Indonesia belum bisa menopang kebutuhan energi untuk mobil listrik meski PLN mengalami surplus listrik di Pulau Jawa.

Menurut dia, sistem kelistrikan harus dipersiapkan agar tidak kekurangan daya listrik pada malam hari. "Kelebihan listrik PLN sementara ini tidak bisa untuk industri mobil listrik besar-besaran," kata Rinaldy, di Jakarta, Kamis (4/3).

Ia mencontohkan di negara maju, seperti Amerika Serikat, konsumsi listriknya tidak begitu tinggi di siang hari. Pada malam, terjadi lonjakan pemakaian listrik. Salah satu penyebabnya, karena banyak mobil melakukan pengisian.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebelumnya mengungkapkan sudah saatnya sektor transportasi mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan beralih menggunakan listrik. "Kendaraan listrik ini perlu. Mending kembangkan ini daripada meningkatkan produksi minyak," ujarnya pada Senin lalu.

(Baca: Jonan: Lebih Baik Mobil Listrik Ketimbang Genjot Produksi Minyak)

Menurut Jonan upaya meningkatkan produksi minyak memerlukan waktu yang sangat panjang. Sebelum 1998, kegiatan eksplorasi untuk menemukan sumber minyak baru membutuhkan waktu tujuh tahun. Sekarang, waktu yang dibutuhkan lebih panjang, mencapai 15 tahun. Banyak kendala yang dihadapi kontraktor migas, salah satunya aturan di sektor migas yang menyulitkan, terutama di daerah.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...