Sambut Pemudik, Pertamina Perbanyak Stok BBM di Tol Trans Jawa

Image title
23 Mei 2019, 19:09
SPBU pertamina tol trans jawa mudik 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Pemerintah menjamin pasokan BBM sepanjang jalur tol Semarang-Probolinggo aman selama mudik Lebaran 2019.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Pertamina sudah menyiapkan stok berlebih bahan bakar minyak (BBM) di jalur baru Tol Trans Jawa yaitu Semarang-Probolinggo. Ini untuk mengantisipasi banyaknya kendaraan saat mudik 2019

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan ketersediaan BBM di Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) rata-rata mencapai 20 hari. "Pertamina sudah siap. Stok semua SPBU sudah dipenuhi," ujar Djoko dalam keterangan tertulis pada Kamis (23/5).

Pertamina akan menyediakan SPBU Modular yaitu SPBU nonpermanen yang dilengkapi dengan dua tangki berkapasitas 10 kiloliter dan dua dispenser, sehingga satu modular dapat menjual dua jenis BBM. Pertamina juga menyediakan SPBU Modular Kompak yang dilengkapi satu dispenser dan motor pembawa BBM yang bisa mengangkut 60 liter BBM.

(Baca: Pertamina dan Swasta Diminta Tingkatkan Pasokan BBM Saat Mudik)

General Manager Marketing Operation Pertamina Region IV Jawa Tengah DIY Iin Febrian menambahkan, pihaknya juga akan mengoperasikan sembilan SPBU Reguler di antaranya di rest area KM 360 B, KM 379 A dan KM 389 B saat puncak arus mudik pada 30 Mei 2019. 

Selain itu, Pertamina menambah 15 kios kemasan (kiosK). "Kami juga mengoperasikan tujuh Terminal BBM di MOR IV selama 24 jam" ujar Iin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...