Bappenas: Regulasi dan Kelembagaan Hambat Pertumbuhan Ekonomi

Agatha Olivia Victoria
25 Mei 2019, 11:14
pertumbuhan ekonomi, penghambat pertumbuhan ekonomi, perekonomian, bappenas, regulasi, koordinasi antar lembaga
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional melakukan kajian khusus dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hasilnya menunjukkan masih ada beberapa hal yang menghambat dan perlu dibenahi untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. 

Menurut Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, hal yang paling penting dibenahi adalah isu regulasi dan kelembagaan. "Regulasi di Indonesia masih restriktif dan sangat mahal yang mebuat investor segan berinvestasi," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (24/5).

Advertisement

Tingginya tingkat korupsi di Indonesia dan birokrasi yang tidak efektif, turut menjadi permasalahan yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Kemudian, ada juga risiko yang harus dihadapi sektor swasta karena kebijakan yang tidak pasti akibat kurangnya koordinasi di pemerintahan.

(Baca: Terjebak di 5%, Target Pertumbuhan Ekonomi Sulit Tercapai)

Dalam acaraThe Second Stolypin Forum yang dilaksanakan di Moskow, Rusia, Kamis (23/5), Bambang membahas pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia mengklaim ekonomi Indonesia menguat dalam beberapa tahun terakhir. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement