Pertamina Percepat Pembangunan Kilang Bontang

Image title
28 Mei 2019, 13:33
pertamina, kilang bontang
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) berupaya mempercepat pembangunan kilang baru alias Grass Root Refinery (NGRR) Bontang. Pasalnya, proyek yang masuk dalam daftar proyek strategis nasional ini seharusnya sudah memasuki masa konstruksi pada 2019.

Salah satu upaya Pertamina untuk mempercepat pembangunan kilang Bontang dengan melaksanakan lelang rancangan konstruksi alias Engineering, Procurement and Construction (EPC) dan desain awal (Front End Enginering Design/FEED) secara bersamaan. Dengan cara tersebut hanya akan ada satu kontraktor yang mengerjakan EPC dan FEED.

Diharapkan upaya tersebut bisa mempercepat pembangunan kilang Bontang selama satu tahun dan membuka peluang efisiensi biaya. "Namanya dual feed competition. Itu di Kilang Exxonmobil Singapore kemarin juga begitu. Jadi sekali lelang saja," ujar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang di Kantor Pusat Pertamina, Senin (27/5) malam.

Pertamina juga akan mempercepat proses lelang agar pembangunan kilang Bontang bisa segera dimulai. Caranya dengan melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan yang memiliki reputasi yang bagus dalam mengerjakan proyek kilang.

"Nanti akan ada roadshow ke perusahaan-perusahaan yang memang ada reputasi membangun, untuk melakukan percepatan. Itu bisa maju 1-2 tahun, " ujar Tallulembang.

(Baca: Garap 6 Proyek Kilang, Pertamina Bidik Kapasitas Produksi 2 Juta Barel)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...