Jelang Lebaran, Harga Bawang Putih Turun 50%

Rizky Alika
29 Mei 2019, 13:16
bawang putih, harga bawang putih
Antara
Ilustrasi, warga menggotong sekarung bawang putih di Pasar Flamboyan, Pontianak, Selasa (6/6).

Harga bawang putih di pasar tradisional tercatat mengalami penurunan dibanding posisi harga awal Ramadan. Hal ini diungkapkan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina saat memantau harga bawang putih di Pasar Minggu.

Ia menjelaskan, harga bawang putih di Pasar Minggu saat ini seharga Rp 40.000 per Kilogram (Kg), turun 50% dibandingkan harga pada awal Ramadan sebesar Rp 70.000-Rp 80.000 per Kg.

Penurunan harga bawang putih menjelang Lebaran ini dikatakan Srie disebabkan oleh pasokan bawang putih yang meningkat. Ia menjelaskan, pasokan bawang putih ke Pasar Minggu tercatat sebesar 3,6 ton untuk meredam harga yang tinggi. "Saat ini harga sudah turun signifikan," kata dia saat memantau harga di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (29/5).

Ia merinci, harga bawang putih jenis honan tercatat sebesar Rp 40.000 per Kg. Sementara, harga bawang putih jenis kating sebesar Rp 50.000 per Kg. Srie berharap harga akan terus turun hingga ke harga normal, yaitu Rp 32.000 di pasar tradisional dan Rp 35.000 di ritel.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Srategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga bawang putih tercatat mencapai Rp 41.100 per Kg atau berangsur turun dibandingkan awal Ramadan. Harga bawang putih maih tinggi di wilayah timur, seperti di Sulawesi Tenggara sebesar Rp 58.150 per Kg dan Papua Rp 60.950 per Kg.

(Baca: Dua Pekan Jelang Lebaran, Harga Bawang Putih Berangsur Turun )

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...