Termuda se-Asia, Nadiem Makarim Raih Penghargaan Nikkei Asia Prize

Desy Setyowati
29 Mei 2019, 13:24
CEO Gojek Nadiem Makarim raih penghargaan, Nikkei Asia Prize
gojek
CEO Gojek Nadiem Makarim mendapat penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24

Pendiri sekaligus CEO Gojek Nadiem Makarim meraih penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis di Tokyo pada hari ini (29/5). Nadiem menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan itu.

Nikkei Asia Prize digelar oleh Nikkei Inc sejak 1996. Penghargaan ini diberikan kepada individu maupun organisasi yang dinilai telah berkontribusi bagi pengembangan kawasan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Asia. Penghargaan ini  terdiri dari tiga kategori, yakni Inovasi Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Budaya dan Masyarakat.

Menurut Nikkei, penghargaan yang diraih Nadiem berkaitan dengan kontribusi Gojek dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, memudahkan keseharian pengguna hingga meningkatkan pendapatan mitranya. “Kehormatan bagi kami untuk menerima penghargaan dari Nikkei,” ujar Nadiem dalam siaran pers, Rabu (29/5).

(Baca: Gojek Tumbuh Pesat, Nadiem Akui Kewalahan Pimpin 4 Ribu Pegawai)

Nadiem menyampaikan, Gojek telah berkembang dari sekadar penyedia layanan berbagi tumpangan (ride-hailing) menjadi SuperApp. Julukan SuperApp ini menggambarkan penyedia beragam layanan kebutuhan sehari-hari dalam satu aplikasi. Dalam setahun terakhir, Gojek pun memperluas cakupan pasarnya ke Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina.

Dia juga menyebutkan, bahwa Gojek berkontribusi Rp 44,2 triliun terhadap perekonomian Indonesia. Hal itu mengacu pada riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang dirilis pada Maret 2019. Penghasilan rerata mitra Go-Ride dan Go-Car naik 45% dan 42% setelah bergabung dengan Gojek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...