Jelang Libur Panjang Lebaran, IHSG Akhir Pekan Bergerak Positif

Happy Fajrian
31 Mei 2019, 10:34
Suasana Bursa Efek Indonesia.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di hari terakhir sebelum libur panjang Lebaran, Jumat (31/5), membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) naik 6,41 poin atau 0,11% ke posisi 6.110,52.

Hanya 30 menit setelah perdagangan dimulai yakni pada pukul 9.30, IHSG memperkuat kenaikannya hingga ke posisi 6.190,54 atau naik 86,43 poin (1,42%). Sementara itu bursa saham di Asia pagi ini bergerak cukup bervariasi.

Sejalan dengan IHSG, bergerak di jalur hijau yakni indeks Shanghai dengan kenaikan 0,23%, Kospi naik 0,25%, PSEi 1,02%, dan KLCI 0,45%. Sedangkan indeks yang bergerak di jalur merah yaitu Strait Times terkoreksi 0,50%, Hang Seng turun 0,19%, dan Nikkei turun 0,77%.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya memprediksi IHSG hari ini berpotensi untuk bergerak naik dimana jika terjadi koreksi investor akan memanfaatkannya untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka panjang.

(Baca: Mandiri Sekuritas Perkirakan IHSG Akhir Tahun Tembus 6.800)

"Hari terakhir di bulan kelima tahun 2019, IHSG terlihat masih akan berada dalam fase konsolidasi wajar dimana jika terjadi koreksi masih dapat dimanfaatkan oleh investor unutk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka menengah panjang, hari ini IHSG berpotensi naik," papar William dalam risetnya hari ini.

Sementara itu Kepala Analis Valbury Sekuritas Indonesia, Alfiansyah, memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya IHSG hari ini rawan aksi ambil untung. "Investor mempertimbangkan libur panjang Idul Fitri dan mengantisipasi dampak yang muncul dari pasar global yang masih dibayangi ketidakjelasan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...