Pasar Modal Libur, Laju IHSG Usai Libur Tergantung Sentimen Global

Image title
3 Juni 2019, 07:01
Suasana Bursa Efek Indonesia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Seiring dimulainya masa cuti bersama dan libur Lebaran 1440 H, pasar modal dalam negeri baru akan dibuka kembali pada Senin (10/6) mendatang. Panjangnya libur di pasar modal ini membuat Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus tidak bisa memprediksi laju indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan setelah libur lebaran.

Menurutnya, laju IHSG pada pembukaan perdagangan pasca libur panjang akan tergantung bagaimana sentimen global selama sepekan kedepan. Namun, IHSG sepekan lalu yang berada di zona hijau bisa menjadi modal yang cukup untuk menghadapi vakum selama sepekan. "Potensinya bisa naik-turun, (peluangnya) 50:50," katanya pada Jumat (31/5).

Nico menjelaskan, tidak bisa memprediksi karena masih banyak sentimen baik dari dalam maupun luar negeri. Dari dalam negeri, kondisi politik yang masih panas karena masih ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilpres, bisa memberikan sentimen kepada laju IHSG.

Sedangkan sentimen global yang masih membayangi laju IHSG seperti ketidakpastian dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Apalagi pada 1 Juni kemarin sudah mulai berlaku tarif baru terhadap produk impor asal AS oleh Tiongkok. "Brexit juga belum dihitung," katanya.

(Baca: S&P Naikkan Peringkat Utang Indonesia, IHSG Melesat Naik 1,72%)

Dia berkaca dari tren IHSG pasca Pemilu yang biasanya menguat. Sedangkan tahun ini, usai diselenggarakan pemilu, tren IHSG cenderung turun. Terlebih, terjadi kerusuhan pasca diumumkannya hasil perhitungan suara Pilpres, sehingga tren IHSG sedikit terkoreksi. "Kali ini semakin sulit untuk diprediksi karena uncertainty-nya tinggi," katanya.

IHSG Pekan Terakhir Mei Naik 2,51%

Sementara itu, pekan terakhir sebelum pasar modal libur, IHSG melaju positif dengan berada di level 6.209,1 pada penutupan perdagangan, Jumat (31/5). Laju IHSG sepanjang pekan lalu, menandakan IHSG menguat hingga 2,51% dibandingkan pada penutupan pekan sebelumnya yang berada di level 6.057,3.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...