Rilis Laman Khusus untuk Wisatawan, Google Hapus Aplikasi Google Trips

Penulis: Desy Setyowati

7/6/2019, 17.00 WIB

Google merilis laman khusus yang membantu wisatawan mencari tempat wisata, restoran, dan hotel terdekat. Pengguna juga bisa mengeck harga tiket pesawat.

Google hentikan aplikasi Google Trips.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Google hentikan aplikasi Google Trips.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google merilis laman khusus untuk wisatawan yang diberi nama Trips, pada pertengahan Mei lalu. Sejalan dengan hal itu, Google menyatakan akan menghentikan dukungan terhadap aplikasi Google Trips pada 5 Agustus 2019.

Aplikasi tersebut dirilis pada 2016. Aplikasi ini menawarkan berbagai informasi yang membantu pengguna dalam merencanakan perjalanan melalui ponsel. Google Trips memiliki fitur yang bisa memandu pengguna ke tempat wisata, restoran hingga hotel terdekat.

Google Trips juga memberi rekomendasi rute tercepat ke tempat wisata. “Google akan mengakhiri dukungan untuk Google Trips pada 5 Agustus, tetapi pengguna masih bisa mengakses e-mail dan informasi perjalanan hingga saat itu,” demikian dikutip dari CNET, kemarin (6/6).

(Baca: Grab Rilis Fitur untuk Permudah Wisatawan Kenali Lokasi Penjemputan)

Meski begitu, Google sudah menyiapkan layanan khusus bagi wisatawan yakni halaman tunggal, Trips. Google menggabungkan seluruh layanan terkait perjalanan termasuk fitur yang ada di Google Trips, Google Flights hingga pencarian hotel ke dalam halaman tunggal ini.

Untuk menikmati layanan ini, pengguna bisa mengakses situs google.com/travel. Setelah masuk ke halaman Trips, pengguna bisa memilih fitur jelajah (explore), penerbangan (flights), dan hotel yang ada di sisi kiri. Halaman ini juga menyediakan panduan perjalanan dan paket liburan.

(Baca: Google Maps Sediakan Informasi Baru untuk Permudah Para Pemudik)

Di negara lain seperti Amerika Serikat (AS), pengguna bisa mengecek kuitansi atas pesanan seperti hotel, tiket pesawat dan layanan lainnya terkait perjalanan melalui Trips. Pengguna juga bisa membandingkan harga tiket pesawat melalui laman tersebut.

Di Indonesia, layanan tersebut tersedia juga di aplikasi perjalanan seperti Traveloka dan Tiket.com. Hanya saja, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi untuk mengecek harga tiket pesawat ataupun hotel jika menggunakan Trips. Namun, pengecekan harga di Traveloka dan Tiket.com lebih lengkap karena mencakup tiket pesawat, kereta api hingga bus.

(Baca: 1 Juta Unit Usaha di Indonesia Terhubung dengan Google)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan