Grab Rilis Fitur untuk Permudah Wisatawan Kenali Lokasi Penjemputan

Cindy Mutia Annur
2 April 2019, 17:45
grab venue
Cindy Mutia Annur/Katadata
Fitur Grab Venue

Penyedia layanan on-demand  Grab meluncurkan fitur bernama Venues. Salah satu alasan peluncuran fitur ini yaitu untuk mempermudah pengguna menemukan lokasi penjemputan, ketika bepergian ke daerah atau negara lain.

Program Manager Maps at Grab Nagur Hasan Mohammad mengatakan bahwa pengguna kerap kesulitan menemukan titik penjemputan meski sudah menggunakan sistem navigasi berbasis satelit atau Global Positioning System (GPS). Utamanya, kesulitan ini dirasakan ketika pengguna berada di daerah atau negara lain.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Grab merilis fitur Venues. “Fitur ini memberi petunjuk gambar yang menonjol seperti pertokoan,” kata dia saat konferensi pers di Lippo Mall Puri, Jakarta, Selasa (2/4).

(Baca: Grab Rekrut 90 Orang untuk Kembangkan Teknologi Titik Penjemputan)

Gambar yang ditampilkan lewat fitur tersebut diharapkan bisa memudahkan pengguna menuju lokasi penjemputan. Saat ini, Grab sudah mengumpulkan 3.400 gambar di lebih dari 1.900 titik penjemputan selama tiga ribu jam.

Dengan begitu, Nagur berharap pelayanan berbagi tumpangan (ride-hailing) menjadi lebih mudah dan cepat. “Ini menjadi hal yang baik, karena waktu yang dihabiskan mitra pengemudi untuk menunggu pelanggan yang datang ke lokasi penjemputan menjadi lebih singkat,” ujar dia.

(Baca: Luncurkan Aplikasi di Singapura, Gojek Contek Peta Grab?)

Grab pun sudah menguji fitur ini di Indonesia. Berdasarkan percobaan tersebut, Grab mencatat Venus bisa mengurangi waktu dan jarak tempuh yang dilalui penumpang untuk menuju lokasi penjemputan hingga 40 %.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...