White Paper Mata Uang Kripto Facebook Akan Dirilis Dua Pekan Lagi

Image title
8 Juni 2019, 18:26
facebook, mata uang kripto, Libra
Katadata
Ilustrasi, logo Facebook

Facebook akhirnya mengungkapkan rincian tentang mata uang kripto atau cryptocurrency miliknya, bernama Libra. Facebook menjadwalkan rilis white paper Libra pada tanggal 18 Juni 2019.

Mengutip TechCrunch, Kamis (6/6), mata uang kripto milik Facebook ini dikembangkan oleh suatu tim khusus, yakni Facebook Blockchain yang diketuai oleh David Marcus. White paper Libra sendiri nantinya akan mengupas tuntas detail mengenai mata uang kripto dari jejaring media sosial terbesar di dunia ini.

Whitepaper merupakan sebuah dokumen yag disiapkan oleh pihak yang akan meluncurkan mata uang kripto. Dokumen ini berisi detail mata uang kripto yang akan diluncurkan, termasuk di dalamnya rincian komersial, teknologi dan keuangan dari mata uang kripto dalam bahasa yang dapat dipahami oleh seseorang yang bukan ahli dalam hal mata uang kripto.

Debut Libra dalam perdagangan mata uang kripto memang ditunggu-tunggu, terlebih Libra disebut memiliki keunggulan tersendiri, yang membuatnya berbeda ketimbang mata uang kripto lain, bahkan dengan Bitcoin, yang merupakan pioneer mata uang kripto.

Libra disebut-sebut  dirancang untuk memiliki harga yang stabil untuk mencegah fluktuasi harga selama proses pembayaran atau negosiasi.

Untuk menciptakan kestabilan harga Libra, Facebook telah melakukan pembicaraan dengan beberapa lembaga keuangan mengenai kontribusi modal untuk membentuk sekeranjang beberapa mata uang internasional senilai US$ 1 miliar dan perusahaan sekuritas berisiko rendah yang akan berfungsi sebagai penjamin untuk menstabilkan harga.

(Baca: Bursa Kripto Asing Serbu Pasar Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...