RI Kalah dari Negara ASEAN, Jokowi Janji Genjot Ekspor dan Investasi

Dimas Jarot Bayu
13 Juni 2019, 13:00
Kalah dari Negara Asean, Jokowi Janji Genjot Ekspor dan Investasi
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Presiden Joko Widodo mengatakan bakal memprioritaskan dunia usaha untuk lima tahun ke depan dengan mendorong ekspor dan investasi. Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat menerima jajaran pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/6).

Dalam pertemuan tersebut, tampak hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. Ada pula Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Ari Dwipayana dan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika.

Advertisement

Dari sisi pengusaha, terlihat Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dan Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah. “Pada pertemuan sehabis lebaran ini yang kami undang adalah swasta lebih dahulu, dunia usaha, karena kami ingin ini menjadi sebuah prioritas dunia usaha,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta bantuan para pengusaha untuk mendorong ekspor dan investasi sehingga bisa bersaing dengan negara lain. Menurut dia, nilai ekspor dan investasi Indonesia saat ini kalah dari sejumlah negara-negara di Asia Tenggaran seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

(Baca: Potensi Pasar Ekspor Baru RI, dari Afrika hingga Amerika Latin)

Yang juga perlu diwaspadai, jangan sampai nilai ekspor dan investasi Indonesia tersalip oleh Kamboja dan Laos. “Kita ini negara besar yang memiliki kekuatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang menjadi sebuah modal besar ke depan,” ujar Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement