KPK Lelang Action Figure Bukti Korupsi Zumi Zola, Minimal Rp 45 Juta

Penulis: Michael Reily

Editor: Agung Jatmiko

14/6/2019, 12.14 WIB

Action figure yang dilelang antara lain Electro, Cable, Vulture, Black Panther dan Lizard dalam bentuk patung berskala 1/4.

KPK, lelang barang bukti korupsi, Zumi Zola
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Ilustrasi, Gubernur Jambi Non Aktif Zumi Zola Zulkifli saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 tingkat Provinsi Jambi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal melelang barang bukti dalam beberapa kasus korupsi yang terjadi selama setahun terakhir. Salah satu barang lelang adalah paket action figure milik terpidana korupsi Mantan Gubernur Jambi Putusan Zumi Zola Zulkifli.

Ada lima action figure yang dilelang, yakni Electro, Cable, Vulture, Black Panther dan Lizard dalam bentuk patung berskala 1/4 dengan batas bawah Rp 45.082.000 dan uang jaminan Rp 10 juta. Lelang berdasarkan putusan pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 6 Desember 2018.

“KPK akan melelang barang rampasan dari beberapa perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III. Barang rampasan yang akan dilelang berupa barang elektronik, action figure, dan perhiasan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (13/6).

Selain itu, KPK akan melelang barang rampasan dari Fatmawati Faqih, Ridwan Mukti dan Lily Martiani Maddari, Bambang Wuryanto, Puspa Sukrisna, Eddy Rumpoko, dan Abubakar. Terdapat barang lelang seperti puluhan ponsel pintar, jaket bermerk, serta cincin batu akik.

Lelang bakal berlangsung pada Selasa, 25 Juni 2019 melalui laman www.lelang.go.id pada pukul 10.30 WIB. Peserta lelang harus melakukan registrasi dan memiliki akaun pada situs lelang. Calon peserta dapat melihat obyek lelang pada Senin, 24 Juni 2019 di Kantor KPK.

Sebelumnya, Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi senilai lebih dari Rp 40 miliar. Sebagian dari uang gratifikasi tersebut diduga untuk membeli mainan mahal berupa action figure dan statue.

(Baca: Mainan Mahal Zumi Zola dari Uang “Sogokan”)

Dalam persidangan, jaksa memperlihatkan daftar 16 statue atau patung mainan pesanan Zumi Zola di XM Studios. Lima yang termahal antara lain Iron Man Hulk Buster, Quicksilver, Cat Woman, Mary Jane Spiderman, dan Darth Maul.

Jaksa juga menyebut nilai order untuk 16 statue itu mencapai S$ 5.600 atau sekitar Rp 54,3 juta (berdasarkan kurs rupiah 2017). Menilik situs XM Studios, harga retail resmi 16 statue lebih mahal ketimbang harga yang diungkapkan jaksa di persidangan. Total nilainya mencapai Rp 178,7 juta.

Selain itu, Asrul Pandapotan Sihotang selaku mantan orang kepercayaan Zumi mengungkapkan, ada pelunasan action figure senilai Rp 111,6 juta sepanjang Juni-Oktober 2017. Pelunasan ini merupakan pembayaran dari mainan yang dipesan pada 2016.

Dalam persidangan, Zumi mengaku bersalah karena tidak tegas sebagai gubernur untuk menolak permintaan uang ketok palu pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pada perkara ini, KPK mendakwa Zumi Zola menerima gratifikasi senilai Rp 40,44 miliar dan US$ 177.300 dari para rekanan terkait sejumlah proyek di pemerintahan Provinsi Jambi.

(Baca: Zumi Zola Jadi Tahanan KPK Kasus Dugaan Gratifikasi Rp 6 Miliar)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan