Penyaluran Gas PGN Naik 43,5% Sepanjang Januari-Mei 2019

Image title
17 Juni 2019, 12:20
penyaluran gas bumi PGN, jumlah pelanggan PGN, subhodling gas BUMN
Arief Kamaludin | Katadata
PT Perusahaan Gas Negara Tbk mencatat, selama peiode Januari hingga Mei 2019, penyaluran gas alamnya mencapai 6,12 juta meter kubik atau melonjak 43,5% jika dibandingkan periode sama tahun lalu.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk mencatat, selama peiode Januari hingga Mei 2019, penyaluran gas alamnya mencapai 6,12 juta meter kubik. Volume tersebut melonjak 43,5% jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 4,27 juta meter kubik.

Secara total, gas alam yang disalurkan dalam ukuran juta standar kaki kubik atau MMSCF pun ikut melonjak. Selama lima bulan pertama tahun ini, volume yang disalurkan sebesar 216,07 MMSCF, naik 43,1% dibandingkan 151 MMSCF pada periode yang sama tahun lalu.

Selama 2019, penugasan penyaluran gas alam yang diamanatkan perusahaan yang kerap disebut PGN itu mencapai 133.814 sambungan rumah (SR). Sedangkan volume yang mampu disalurkan mencapai 4.10 MMSCFD dan 35,06 juta meter kubik.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan, proses holding migas dan peran PGN sebagai subholding gas telah menggenjot kinerja penyaluran gas bumi. “Naik hampir 50% untuk periode lima bulan saja. Kami harapkan kenaikan yang signifikan inipun akan terus melonjak hingga akhir tahun,” ujarnya berdasarkan keterangan resmi, Senin (17/6).

Ia menilai, integrasi infrastruktur gas, setelah bergabungnya PT Pertamina Gas (Pertagas) di bawah PGN, mampu mendongkrak nilai efisiensi dan efektivitas. Dari catatan internal, pada tahun lalu, total volume yang disalurkan mencapai 11,47 juta meter kubik dan sebesar 405 MMSCF. “Tahun ini, kami pastikan volume itu akan tedongkrak secara signifikan,” kata Rachmat.

(Baca: PLN Tingkatkan Penggunaan Gas PGN Untuk Pembangkit Listrik)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...