PGN Targetkan Pergantian Pipa Blok Rokan Rampung Tahun Depan

Image title
28 Mei 2019, 07:25
PGN
Arief Kamaludin | Katadata
PGN menargetkan pengerjaan proyek pipa Blok Rokan bisa rampung tahun depan

PT Pertamina (Persero) telah menunjuk PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bersama PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk mengerjakan proyek pipa gas di Blok Rokan. PGN pun menargetkan pekerjaan proyek pipa Blok Rokan ini bisa segera selesai.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya berharap pengerjaan pergantian pipa Blok Rokan bisa rampung tahun depan. "Maksudnya, tahun depan kan bisa semester I atau semester II," ujarnya pada Senin (27/5).

Danny menyebut pengerjaan pipa Blok Rokan tidak sulit untuk dilakukan. Proyek ini juga dipastikan tidak akan mengganggu produksi Blok Rokan karena PGN dan Pertagas akan membangun pipa baru baru membongkar pipa yang lama.

"Produksi jalan terus, yang eksisting sekarang kan masih bisa digunakan, tapi mengenai ketahanan, keamanan, integritas itu perlu dipertimbangkan," kata Danny.

(Baca: Pertamina Tunjuk Pertagas - PGN Garap Proyek Pipa di Blok Rokan)

PGN dan Pertagas tengah menyelesaikan proses internal untuk persiapan proyek pipa Blok Rokan. Proses tersebut dilakukan untuk memfinalisasi struktur pipa Blok Rokan.

Sebelumnya, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan Pertamina sudah menunjuk PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk mengerjakan proyek tersebut

Sejauh ini Pertamina sudah melakukan Front End Engineering Design (FEED) proyek pipa minyak Blok Rokan. Pertamina berharap tahap konstruksi bisa dilakukan pada akhir tahun 2019. "Mungkin akhir tahun ini sudah melakukan pembangunan fisik," kata Dharmawan saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina beberapa waktu lalu.

Perkiraannya, proyek penggantian pipa minyak Blok Rokan bisa selesai 2021. Sehingga Pertamina bisa menjaga kehandalan produksi Blok Rokan ketika alih kelola dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 9 Agustus 2021 mendatang.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...