Delapan Keunggulan Libra, Mata Uang Digital Facebook

Hari Widowati
19 Juni 2019, 11:39
Logo Facebook yang dicetak 3D berdiri terlihat di depan kode siber yang dipajang dalam sebuah ilustrasi yang diambil fotonya tanggal 22 Maret 2016.
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic
Logo Facebook di depan kode siber yang dipajang dalam sebuah ilustrasi. Mata uang digital Libra besutan Facebook dapat digunakan mulai 2020.

Facebook Inc memperkenalkan mata uang digital yang bernama Libra untuk menyederhanakan transaksi pengiriman uang global. Libra bisa digunakan dengan dompet digital bernama Calibra yang diintegrasikan ke aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger. Facebook juga akan menyediakan aplikasi Calibra yang berdiri sendiri.

Menurut Techcrunch.com, Facebook bukan satu-satunya pihak yang mengontrol Libra. Ada 28 pendiri yang tergabung dalam Libra Association, antara lain Visa, Mastercard, Vodafone, PayPal, eBay, Uber, dan perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz. Masing-masing menginvestasikan dana US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar ke dalam proyek mata uang digital Libra.

Facebook melalui keterangan resmi di situsnya, menyatakan dompet digital Calibra yang menggunakan teknologi blockchain itu akan diluncurkan resmi pada 2020. Siapa saja yang bisa menggunakan mata uang digital Libra dan dompet digital Calibra? Apa saja keunggulannya dibandingkan mata uang digital lainnya? Berikut ini delapan keunggulan Libra dan Calibra.

1. Biaya transaksi diklaim sangat murah

Facebook menyebut Libra dan Calibra bisa digunakan siapa saja selama mereka memiliki koneksi internet. Biaya transaksinya pun diklaim sangat murah bahkan bisa gratis. Dengan menggunakan ponsel pintar (smartphone), pengguna bisa bertransaksi semudah mengirim pesan.

Facebook akan menawarkan layanan tambahan bagi individu maupun bisnis. Misalnya, pembayaran tagihan dengan menekan satu tombol, membeli kopi dengan memindai kode, dan menggunakan Calibra untuk membayar transportasi publik.

2. Keamanan terhadap uang dan informasi pribadi

Facebook akan menggunakan sistem verifikasi dan anti-fraud yang digunakan perbankan maupun kartu kredit. Raksasa teknologi itu juga memiliki sistem otomatis yang secara proaktif memonitor aktivitas pengguna untuk mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan. "Jika ada seseorang yang mengakses akun dan menyebabkan Anda kehilangan Libra, kami akan menawarkan penggantian dana," kata Facebook dalam pernyataan resminya.

(Baca: Kenalkan Mata Uang Digital, Facebook Jamin Data Pengguna Aman)

3. Data pengguna tidak akan digunakan untuk kepentingan pihak ketiga

Calibra tidak akan membagikan informasi maupun data-data keuangan kepada Facebook maupun pihak ketiga tanpa izin dari pengguna. Pada kasus tertentu, Calibra akan menggunakan data dari Facebook untuk memenuhi ketentuan hukum, menjaga keamanan akun pengguna, memitigasi risiko, dan mencegah tindakan kriminal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...