Inovasi Tas Pintar Kingsmith, Ada Slot USB Hingga Panel Surya

Michael Reily
20 Juni 2019, 12:39
Kingsmith, Blibli
instagram.com/kingsmith.id
Tas Kingsmith pada pameran Indofest di Hall B JCC Senayan, Jakarta, pada Maret 2019.

Mobilitas masyarakat urban yang semakin tinggi membuat kebutuhan fesyen untuk penyimpan barang atau tas menjadi meningkat. Perkembangan tas multifungsi pun semakin besar untuk mengakomodasi kebutuhan individu dalam era modern.

Robbi Ibadi pun mencoba untuk memanfaatkan peluang itu. Berawal dari hobi mengoleksi tas multifungsi, dia merasa belum ada tas merek lokal yang mampu memenuhi kebutuhannya. Dia pun membangun Kingsmith, produk tas multifungsi.

Advertisement

Bahkan, dia rela melepas status sebagai pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Saya lihat smart backpack masih banyak berasal dari luar negeri. Saat itu di Indonesia belum ada," kata Robbi di Jakarta, Rabu (19/6).

Sambil mengenang kejadian tahun 2016, dia mengaku baru fokus kepada bisnisnya setahun kemudian. Dia pun langsung merilis satu prototype seri tas Kingsmith yang memiliki fitur seperti slot USB sebagai saluran isi daya ponsel pintar.

Menurut Robbi, tas pintar harus bisa mengetahui tiga masalah serta tersedianya solusi. Tiga karakteristik tas pintar adalah daya tahan, ruang, serta fitur. "Terobosan yang kami lakukan selain fitur slot USB adalah bahan anti-air dan teknologi panel surya," ujarnya.

Fitur panel surya itu bisa dipakai untuk para pengemudi ojek online sebagai penyimpanan barang serta daya isi ulang baterai ponsel pintar. Robbi memanfaatkan kondisi geografis Indonesia sebagai negara tropis yang punya tingkat panas 10 kali lipat daripada Eropa.

(Baca: Tiga Merek Fesyen Indonesia Tampil di Toko Prancis)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement